Harga Promo

Bounty Day Cruise hanya IDR 650.000 per orang
Bounty Dinner Cruise hanya IDR 350.000 per orang
Harga Promo tidak termasuk antar jemput. Tambahan jasa antar jemput Rp.80.000 per orang untuk area Kuta, Sanur, Legian, Seminyak, Nusa Dua, Jimbaran, Denpasar.
For more information please contact phone (62)85737187321 or whatapps 6285737187321.

Cak Bona Nyaris Punah

7 April 2013

Banyak seni tradisi yang kini nyaris tinggal kenangan. Salah satunya keberadaan tarian cak yang tumbuh dan berkembang di Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Cak yang sempat mengalami masa kejayaannya di tahun 70-an itu, kini nyaris punah. Kondisi ini pula yang menjadikan Pemkab Gianyar Bali berupaya kembali rnenggairahkan keberadaan seni tradisi itu dan berencana mementaskannya pada Pesta Kesenian Bali tahun ini.

Tari cak merupakan tari tradisi Bali yang sudah mendunia. Pementasannya melibatkan banyak orang serta dalam suasana remang hanya diterangi lampu kecil sehingga memberi kesan sakral dan eksotis. Gelombang suara “cak” para penarinya yang saling bersahutan menambah kesan ramai dan meriah. Keberadaan sekaa kecak diperkirakan sudah ada sejak tahun 1925. Di DesaBona, meski sempat vakum pada masa transisi kemerdekaan Republik Indonesia namun di era tahun 70-an, kesenian cak kembali eksis serta menjadi tujuan wisata dan mengalami puncak kejayaan di era tahun 80-an.

Ketua Sekaa Cak Bona I Gusti Nyoman Yasa di sela acara pementasan tarian cak Bona, diwantilan Pura Puseh, Desa Pakraman Bona, Sabtu (6/4/2013) malam mengatakan, setelah tahun 1980-an, cak Bona kembali surut. Salah satunya disebabkan oleh makin banyak dan berkembangnya sekaa cak serupa di Bali serta salah satu dampak dari dibukanya jalan Bvpass LB. Mantra. Sebelum Jalan By-pass lda Bagus Mantra dibuka, Desa Bona merupakan jalur pariwisata. Hampir tiap kali wisatawan yang berkunjung ke Bali mampir ke Desa Bona, menyaksikan pementasan tari Cak. Cak Bona dibawakan oleh sekitar 120 penari. Mereka merupakan perwakilan dari enam banjar yang ada di Desa Pakraman Bona, yakni Banjar Pasedana, Banjar Kertyasa, Ban jar Bona Kebon, Banjar Bona Kelod, Banjar Prajamukti dan Banjar Dana. Di mana masing-masing banjar tersebut mengutus 20 orang anggota banjarnya.

Bupati Gianyar yang menyaksikan langsung pementasan cak Bona, sangat mendukung berkembangnya kembali seni dan budaya tradisional, seperti cak Bona yang mulai hilang. Seni dan budaya itu kiranya dapat kembali pada pakemnya yang dahulu, terutama dari segi penampilan, agar ciri khas dari tiap daerah tidak hilang. Bupati juga berharap agar budaya atau kesenian Bali yang pernah ada namun tenggelam agar dimunculkan kembali.



Telepon Bounty Cruise

085100 879869

Pin Blackberry Messenger Bounty Cruiser

D3BC0706

Whats App Bounty Cruise

085 737 187 321

Fax Bounty Cruise

0361 726135


Bounty Cruises Bali Info:

Bounty Cruises Blog
Bounty Cruise Docking Mulai Tanggal 17 Sampai 26 Agustus 2014
Kepada pelanggan dan calon pelanggan, relasi travel agent...
Memilih Aktivitas Liburan Buat Anak Di Bali
Mungkin saat ini Anda sedang merencanakan liburan untuk...
Pulau Serangan Di Bali
Pulau Serangan terletak kurang lebih 10 km ke...
bali sewa mobil
eXTReMe Tracker